PURA LUHUR TANAH LOT

 PURA LUHUR TANAH LOT

    Pura Luhur Tanah Lot adalah sebuah pura yang terletak di daerah desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Tanah Lot yang terdiri dari dua kata, yang kata Tanah ditafsirkan sebagai karang tampak seperti gili atau pulau. Lot atau kata Lod memiliki makna laut. Jadi Tanah Lot yang berarti pulau kecil mengambang di laut.

SEJARAH PURA TANAH LOT

    Menurut kepercayaan masyarakat Bali, Pura Tanah Lot dibangun oleh seorang brahmana bernama Danghyang Niratha yang tadinya mengembara dari Pulau Jawa. Beliau berhasil menguatkan kepercayaan mayoritas warga Bali tentang ajaran agama Hindu di abad 16. Namun, saat ia menjalani misi, Bendesa Beraban merasa iri dan ingin mengusir Danghyang Niratha dari tempat meditasinya. Karena diusir, Danghyang Niratha sempat mengeluarkan kesaktiannya untuk memindahkan batu besar. Jadi, Pura Tanah Lot dipercaya tercipta dari kekuatan spiritual Danghyang Niratha yang memindahkan bongkahan batu besar ke tengah pantai dan menjadi tempat meditas beliau. Setelah batu berhasil dipindahkan, dibangunlah sebuah pura dan dijaga oleh penjaga pura yang tercipta dari seledang poleng milik Danghyang Niratha. Lalu selendang itu diubah menjadi seekor kuda laut yang biasa disebut lipi poleng (ular hitam-putih).

DAYA TARIK DI PURA TANAH LOT

1. Pura Luhur Tanah Lot


     Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura ini terletak di atas tebing yang sedikit menjorok ke laut. Pura Tanah Lot merupakan sebuah pura untuk tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Pura ini juga biasanya digunakan untuk upacara melasti bagi umat hindu dan odalan setiap 210 hari.

2. Pura Batu Bolong


    Pura Batu Bolong terletak 100 meter di sisi barat dari pura luhur tanah lot, Pura Batu Bolong  merupakan batu karang yang menjorok ke laut dan memiliki lubang. Pura Batu Bolong dibangun untuk berdoa kepada Dewa untuk kekudusan atau kesucian. Di Pura ini juga adalah tempat terbaik untuk melihat sunset di tanah lot.

3. Ular Suci ( Holy Snake )

    Ular Suci ini terletak di sebuah gua dekat dengan pura luhur tanah lot, Ular Suci adalah salah satu legenda Tanah Lot yang dipercaya masyarakat bahwa semua ular yang ada di Pura Tanah Lot dengan relief hitam putih adalah penjaga Pura Tanah Lot dari kejahatan. Mereka tidak berbahaya dan hidup sebagai organisme reptil.

Comments

Popular Posts