SATE LILIT

      

SATE LILIT


       Beberapa daerah di Indonesia memiliki kuliner berupa sate. Begitu juga dengan Bali yang memiliki sate lilit yang memiliki keunikan dibandingkan sate lainnya. Sate khas Bali ini terbuat dari daging babi, ayam, sapi yang telah dicincang atau digiling yang kemudian dicampur dengan base atau bumbu khas bali yaitu base genep sehingga menghasilkan rasa gurih lalu kemudian dililit di batang bambu atau sereh lalu dibakar sehingga siap untuk dimakan. Kini kalian dapat menjumpai sate lilit dimana saja di wilayah Bali.

ASAL USUL AYAM BETUTU

        Sate lilit adalah makanan khas bali yang berasal dari daerah Klungkung. Sate lilit berasal dari kata 'lilit' yang artinya 'dibelit'. Sesuai namanya, hidangan yang satu ini berbeda dengan sate pada umumnya yang ditusuk ke bambu. Sate lilit direkatkan ke tusuk bambu berbentuk pipih ataupun sereh. Sate lilit memiliki filosofi yakni menyimbolkan masyarakat Bali yang selalu bersatu. Selain itu, sate lilit juga menjadi simbol kejantanan pria. Sebab sate lilit sejak dulu hanya boleh dikerjakan oleh para kaum pria. Mulai dari meracik adonan hingga proses membakar juga hanya boleh dilakukan kaum pria. Jika seorang pria tidak bisa membuat sate lilit, maka akan dipertanyakan kejantanannya.

       Sate lilit dulunya hanya dihidangkan saat ada upacara keagamaan saja. Dulu, sate lilit hanya terbuat dari daging babi dan ikan laut saja. Namun, saat ini juga terbuat dari daging ayam atau sapi sebagai pengganti untuk memenuhi permintaan wisatawan yang tidak bisa mencicipi sate lilit berbahan dasar daging babi.


        Sate lilit bisa terbuat dari beberapa jenis daging, di antaranya daging babi, sapi, ayam, hingga ikan laut. Sate lilit memiliki tampilan yang khas yakni berwarna kuning yang menggugah selera. Warna tersebut berasal kunyit dari bumbu basa genep yang dicampur dengan adonan daging dan kelapa parut. Sate lilit memiliki cita rasa yang gurih, manis, dan sedikit pedas. Cara menikmati sate lilit tidak perlu memakai bumbu kacang seperti sate pada umumnya, namun bisa langsung menikmati sate lilit saja biasanya berisi 3 sampai 5 tusuk setiap porsi dan bisa ditambah dengan sambal matah dan hidangan lain.


Comments

Popular Posts